Empat Puluh Tahun Bersama Gramedia


40thgpu-2a

25 Maret 2014. Hari itu, banyak teman penerjemah yang memposting di Facebook foto lembaran Kompas yang memuat nama-nama kolega Gramedia Pustaka Utama (GPU). Saya, yang biasanya tiap pagi membaca koran, agak kaget juga karena lembaran itu luput dari perhatian saya. Saya buru-buru mengambil koran lagi, dan melihat dua halaman penuh ucapan terima kasih GPU kepada semua orang yang selama 40 tahun ini mendukungnya. Dan rupanya nama saya tercantum pula.

40thgpu-1a
Dockside dan Whisper No Lies, dua dari beberapa novel suntingan saya untuk GPU.

Saya sendiri baru sekitar setahun ini bergabung dengan GPU sebagai penerjemah dan editor lepas. Saya ingat, suatu hari di akhir 2012, teman saya Rini menghubungi saya dan bilang salah satu editor GPU, Meilia, membutuhkan penyunting lepas. Saya yang tadinya masih malu-malu akhirnya melamar dan diterima. Proyek pertama saya adalah menyunting Dockside, buku ketiga serial Lakeshore Chronicles karya Susan Wiggs, dan alhamdulillah hingga sekarang masih dipercaya.

40thgpu-3a
Sebagian kecil buku terbitan GPU pertama milik saya. Kondisinya sudah sangat lecek dan bahkan beberapa jadi camilan rayap. Tapi buku-buku ini masih saya simpan, dan sesekali saya baca.

Hampir semua penerjemah seangkatan saya dibesarkan buku-buku terbitan GPU, terutama karya terjemahan. Sebagian besar pun kepincut jadi penerjemah gara-gara itu. Rata-rata akan menyebut karya Enid Blyton, Astrid Lindgren, atau bahkan Agatha Christie sebagai pemicunya. Untuk itu, saya rasa kami semua sangat berterima kasih atas terjemahan apik para penerjemah GPU, seperti Agus Setiadi, Listiana Srisanti, Djokolelono, sehingga kami bisa membaca buku-buku karya penulis dunia dan berkenalan dengan dunia penerjemahan.

40thgpu-4
Bersama sebagian editor Gramedia Pustaka Utama di ruang kerja redaksi fiksi GPU, Jakarta. (Sumber foto: Brigita Yosepha)

Sehari sebelumnya, seusai seminar “On the Road to Frankfurt: How Translation Travels” di Kompas Gramedia Building, Palmerah, Jakarta, kami para penerjemah mendapat kesempatan “menyerbu” markas editor GPU, khususnya redaksi fiksi. Bagi saya sendiri ini bukan kunjungan pertama, karena baru minggu sebelumnya saya datang ke sana untuk mengembalikan bahan terjemahan. Tapi asyik juga bareng teman-teman berkenalan dengan banyak editor GPU yang selama ini membimbing kami dan hanya kenal lewat dunia maya, dan melihat langsung bagaimana mereka bekerja. Bahkan ada yang akhirnya dapat pekerjaan sepulang dari sana hihi…

40thgpu-5
Para penerjemah mejeng di luar ruang redaksi. Sejauh mata memandang yang ada hanya bukuuuu. (Sumber foto: Brigita Yosepha)

Terakhir, meskipun telat, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun ke-40, Gramedia Pustaka Utama! 😀

Advertisements

3 thoughts on “Empat Puluh Tahun Bersama Gramedia

  1. Tiga nama itu, Enid Blyton, Astrid Lindgren, Agatha Christie dan banyak nama penulis fiksi yg diterjemahkan GPU juga menemani hari-hari masa kecil hingga remaja saya, sampai saya bercita-cita suatu saat harus menulis novel sendiri. Alhamdulillah, bulan ini akhirnya tercapai juga, novel pertama saya diterbitkan. Tapi jalan masih panjang, masih deg2an apakah novelnya laku. Hahaha… Btw, enakkah jadi penerjemah?

    1. Halo, Mba Swastika. Salam kenal ya. Makasih udah mampir. Selamat, Mba, novelnya sudah terbit, insya Allah laris manis ya 😉 Aku juga kepingin banget bisa menulis novel, tapi cerpen aja susah jadinya 😛

      Soal jadi penerjemah, aku udah menjalaninya 8 tahunan. Memang kadang ada dukanya, tapi menurutku lebih banyak asyiknya. Apalagi kalau dapat buku yang keren, yang bikin kita nggak bisa berhenti menerjemahkan atau menyunting. Itu enak banget. Kadang kalau dapat buku yang membosankan atau tokohnya nyebelin (pernah ngalamin soalnya :P), rasanya ngerjainnya jadi lamaaa. Kalau dari segi kompensasi uang, kurasa jadi penerjemah enak, malah sangat enak kalau dapat terjemahan nonbuku 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s