Rela Antre demi si Burung Kukuk


CC10
Biasanya saya malas ikut acara peluncuran buku sekaligus bagi-bagi buku gratis. Tapi, karena yang dibagikan The Cuckoo’s Calling (Dekut Burung Kukuk, Gramedia, 2013) yang fenomenal lantaran ternyata ditulis oleh JK Rowling dengan nama samaran Robert Galbraith, saya rela antre. Selain itu, lokasi acaranya di Gramedia Gandaria City, Jakarta Selatan, yang tidak terlalu jauh dari rumah saya. Caranya juga tidak sukar, tinggal mendaftar sesuai dengan petunjuk yang diumumkan panitia di berbagai media sosial.
CC03
Acara peluncuran ini sekaligus menandai penjualan novel tersebut secara serentak di seluruh Indonesia. Dalam acara ini, hanya 100 pengantre pertama yang berhak mendapat buku gratis. Seratus berikutnya boleh membeli buku ini dengan diskon 70%, seratus berikutnya 50%, dan seratus berikutnya lagi 30%. Saya pikir, dapat yang diskon 70% saja sudah alhamdulillah.

Maka, Minggu pagi, 22 Desember, saya pergi ke lokasi acara. Saya datang sekitar pukul 05.45, dan ternyata sudah belasan orang menunggu di pintu masuk selatan Gandaria City (konon, ada yang sudah mengantre dari jam dua belas malam!) Akhirnya, pintu dibuka pukul enam lewat, dan orang-orang pun berlarian ke toko buku Gramedia. Saya sendiri cukup jalan cepat saja (faktor u *uhuk).

CC05
Di depan Gramedia, panitia sudah mendandani lokasi antre sesuai dengan tema detektif dalam buku ini. Ada garis polisi kuning yang ditulisi “Batas Antrian” serta pengumuman adanya pembunuhan. Semua orang langsung duduk dan mengantre dengan tertib. Tak lama kemudian, muncul panitia yang mengumumkan bahwa pembagian buku baru dimulai pukul 10 pagi. Astaga, tahu begitu mestinya saya sarapan dulu! Untuk mengisi waktu, panitia membagikan permainan crossword yang cukup menguras otak.
CC08
Menjelang pukul sepuluh, orang-orang mulai gelisah, termasuk saya. Ada yang bolak-balik kamar mandi, ada yang kenalan dan mengobrol. Tiba-tiba, entah siapa yang mulai, terdengar seruan, “Buka! Buka! Buka!” Beberapa panitia juga sibuk menggedor-gedor pintu teralis. Biar seru hehehe…

Akhirnya, pintu toko Gramedia dibuka dan kami berbaris untuk mengambil nomor antrean. Saya mendapat nomor 27, artinya berhak memperoleh buku gratis! Setelah menerima satu paket berisi buku The Cuckoo’s Calling dan aksesori lainnya serta difoto oleh panitia, lega rasanya. Alhamdulillah, penantian sejak pagi tidak sia-sia :D.
CC09
Sebenarnya ada satu hal yang belum kesampaian, yaitu minta tanda tangan Siska Yuanita, penerjemah buku ini. Saya belum pernah berjumpa dengan beliau, tapi sewaktu mengantre, saya melihat Mba Anastasia Mustika (editor senior Gramedia). Jadi, setelah mendapat buku ini dan keluar dari toko, saya menghampiri beliau (sok kenal deh pokoknya) dan menanyakan apakah Mba Siska hadir dalam acara ini dan yang mana orangnya. Eh, ternyata Mba Anas baik banget. Dia masuk ke toko hanya untuk mencari Mba Siska, yang rupanya memang datang. Tapi sayang, Mba Siska sedang diwawancarai salah satu media. Nggak apa-apa, deh. Semoga ada kesempatan lain :).

*) Posting terakhir di tahun 2013

Advertisements

8 thoughts on “Rela Antre demi si Burung Kukuk

    1. Iya nih, Mba, belum sempet nulis ulasannya 😀 Tapi seru kok, apalagi klo kangen cerita-cerita detektif yang seru macam Agatha Christie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s